Konsep Pembelajaran Metode Montessori Pada Tingkat Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pembelajaran menggunakan metode Montessori mulai digemari oleh orang tua di kota-kota besar. Dengan metode Montessori anak diberikan kebebasan memilih materi, media, aktivitas belajar, dan kelompok duduk sesuai dengan keinginan mereka dan peran guru hanya sebagai pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran metode Montessori pada tingkat anak usia dini di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan jarak jauh dari rumah masing-masing siswa. Penelitian ini menggunakan metode study literature, sumber penelitian diambil dari buku, jurnal international, nasional berindeks sinta. Peneliti menyimpulkan bahwa konsep pembelajaran metode montessori untuk anak usia dini dapat dilakukan selama pembelajaran jarak jauh, namun harus dilakukan penyesuaian terhadap beberapa aspek penting, karena terbatasnya ruangan pembelajaran yang nyaman, dan waktu pendampingan anak selama pembelajaran online berlangsung
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.