Konsep Pembelajaran Metode Montessori Pada Tingkat Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19

  • Iga Ayu Anggela Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta, Indonesia
  • Heni Krisnayanti Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta, Indonesia
Keywords: Montessori;, Anak Usia Dini;, Pandemi COVID-19

Abstract

Pembelajaran menggunakan metode Montessori mulai digemari oleh orang tua di kota-kota besar. Dengan metode Montessori anak diberikan kebebasan memilih materi, media, aktivitas belajar, dan kelompok duduk sesuai dengan keinginan mereka dan peran guru hanya sebagai pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran metode Montessori pada tingkat anak usia dini di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan jarak jauh dari rumah masing-masing siswa. Penelitian ini menggunakan metode study literature, sumber penelitian diambil dari buku, jurnal international, nasional berindeks sinta. Peneliti menyimpulkan bahwa konsep pembelajaran metode montessori untuk anak usia dini dapat dilakukan selama pembelajaran jarak jauh, namun harus dilakukan penyesuaian terhadap beberapa aspek penting, karena terbatasnya ruangan pembelajaran yang nyaman, dan waktu pendampingan anak selama pembelajaran online berlangsung

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-25
Section
Articles