Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom

  • Sani Mulyani Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung
Keywords: Kesulitan, Pemecahan Masalah, Perbandingan

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pengetahuan universal yang mempunyai peranan penting dalam disipin ilmu. Materi perbandingan adalah materi matematika yang di ajarkan di SMP kelas VII dan banyak memiliki kontribusi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi, bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan soalperbandingan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan lebih jauh tentang masalah tersebut dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan, Meningkatkan pemahaman pemecahan masalah terhadap materi perbandingan, Meningkatkan pemahaman konsep pada materi perbandingan, Mengetahui apakah melalui pembelajaran materi perbandingan pada siswa SMP kelas VII dengan menggunakan pendekatan problem solving dapat mengatasi kesulitan serta meningkatkan pemahaman pemecahan masalah siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik tes dan wawancara. Tes dilakukan untuk melihat tingkat berfikir siswa dengan berpedoman pada Taksonomi Bloom pada materi perbandingan masih pada berfikir tingkat rendah. Penyebab kesulitan siswa antara lain: pemahaman konsep perbandingan yang masih rendah, kurangnya keseriusan dalam mempelajari materi perbandingan. Kurangnya komunikasi antara guru dan siswa di kelas, ketidak mampuan menerjemahkan soal cerita. Jarak waktu pemberian tes dengan materi cukup jauh dan kurangnya minat atau kemauan dalam mempelajari materi perbandingan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-24
Section
Articles