Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Halal Dan Menjauhi Yang Haram Di SMP Negeri 3 Ciawigebang
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini terbukti dari hasil tes sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan yaitu sebesar 75 % memperoleh nilai Pendidikan Agama Islam di bawah KKM yaitu 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah penerapan metode pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Mengonsumsi Makanan serta Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram di SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan ?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram di SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dilaksanakan setiap siklus berupa tes tertulis pilihan ganda. Berdasarkan data pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan metode pembelajaran Think Talk Write pada siklus 1 di kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan memperoleh nilai terendah 30, nilai tertinggi 75 dan memperoleh nilai rata-rata 56,41 berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah diterapkan sebesar 75. Artinya penerapan metode pembelajaran Think Talk Write belum berhasil meningkatkan pemahaman siswa untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam i kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan metode pembelajaran Think Talk Write pada siklus 2 di kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan memperoleh nilai terendah 65, nilai tertinggi 95 dan memperoleh nilai rata-rata 83,59 berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sebesar 75. Artinya penerapan metode pembelajaran Think Talk Write sangat berhasil meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.