Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Halal Dan Menjauhi Yang Haram Di SMP Negeri 3 Ciawigebang

  • Nana Supriatna SMP Negeri 3 Ciawigebang
Keywords: metode pembelajaran Think Talk Write, pemahaman siswa

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan pemahaman konsep siswa masih rendah, hal ini terbukti dari hasil tes sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan yaitu sebesar 75 % memperoleh nilai Pendidikan Agama Islam di bawah KKM yaitu 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah penerapan metode pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Mengonsumsi Makanan serta Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram di SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan ?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram di SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dilaksanakan setiap siklus berupa tes tertulis pilihan ganda. Berdasarkan data pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan metode pembelajaran Think Talk Write pada siklus 1 di kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan memperoleh nilai terendah 30, nilai tertinggi 75 dan memperoleh nilai rata-rata 56,41 berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah diterapkan sebesar 75. Artinya penerapan metode pembelajaran Think Talk Write belum berhasil meningkatkan pemahaman siswa untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam i kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan metode pembelajaran Think Talk Write pada siklus 2 di kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan memperoleh nilai terendah 65, nilai tertinggi 95 dan memperoleh nilai rata-rata 83,59 berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sebesar 75. Artinya penerapan metode pembelajaran Think Talk Write sangat berhasil meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-24
Section
Articles