Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Stad dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Trigonometri
Abstract
SMA Negeri 1 Sukapura pada kelas X MIA memiliki masalah pembelajaran pada mata pelajaran Matematika yaitu materi Trigonometri. Pada siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sukapura banyak siswa belum memahami terhadap materi yang di sampaikan guru Matematika. Rendahnya pemahaman siswa terhadap Trigonometri disebabkan siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan sulit untuk memperoleh pemahaman yang mendalam. Hal ini berakibat kemampuan siswa dalam Memahami Trigonometri .Oleh karena itu penelitian ini mengambil judul "Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning type STAD dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Trigonometri di Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sukapura Tahun Pelajaran 2017/2018" Model Pembelajaran Cooperative Learning type STAD memlaui Pendekatan Kontekstual merupakan metode mengajar yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal dengan menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas . Perbandingan hasil penelitian yaitu pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 19 siswa atau 76%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 20 siswa atau 80%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 22 siswa atau 88%. Dari perbandingan hasil penelitian tersebut maka dapat di simpulkan bahwa, dengan konsep 4X pertemuan maka Pembelajaran model Cooperative Learning type STAD dengan Pendekatan Kontekstual berdampak positif bagi proses peningkatan kemampuan siswa dalam memahami Trigonometri
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.