Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Stad dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Trigonometri

  • Inan Nurrofiq SMAN 1 Sukapura, Kab.Probolinggo Jawa Timur, Indonesia

Abstract

SMA Negeri 1 Sukapura pada kelas X MIA memiliki masalah pembelajaran pada mata pelajaran Matematika yaitu materi Trigonometri. Pada siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sukapura banyak siswa belum memahami terhadap materi yang di sampaikan guru Matematika. Rendahnya pemahaman siswa terhadap Trigonometri disebabkan siswa kesulitan memahami materi yang   disampaikan   oleh   guru. Siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan sulit untuk memperoleh pemahaman yang mendalam. Hal ini berakibat  kemampuan siswa dalam Memahami Trigonometri .Oleh karena itu penelitian ini mengambil judul "Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning type STAD dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Trigonometri  di Kelas X MIA SMA Negeri 1  Sukapura Tahun Pelajaran 2017/2018" Model Pembelajaran Cooperative Learning type STAD memlaui  Pendekatan Kontekstual merupakan metode mengajar yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal dengan menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas .  Perbandingan hasil penelitian yaitu pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 19 siswa atau 76%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 20 siswa atau 80%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 22 siswa atau 88%. Dari perbandingan hasil penelitian tersebut maka dapat di simpulkan bahwa, dengan konsep 4X pertemuan maka Pembelajaran model Cooperative Learning type STAD dengan Pendekatan Kontekstual berdampak positif bagi proses peningkatan kemampuan siswa dalam memahami Trigonometri

Published
2021-11-21
How to Cite
NURROFIQ, Inan. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Stad dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Trigonometri. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 11, p. 2413-2323, nov. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1577>. Date accessed: 01 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i11.1577.
Section
Articles