Google Meet Meningkatkan Belajar Kelas 8 Materi Teks Iklan. Slogan dan Poster Siswa SMP Negeri 52 Surabaya
Abstract
Pendidikan merupakan kunci dari perkembangan sebuah negara, dengan hal ini jika kemajuan perkembangan suatu negara bisa dilihat dari perkembangan pendidikannya. Tujuan penelitian adalah untuk peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan pada siswa kelas VIIIB SMPN 52 Surabaya Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur di semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 dengan penggunaan media google meet di masa Pandemi Covid 19. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif, yaitu rata-rata nilai tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan media google meet dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan pada siswa kelas VIIIB SMPN 52 Surabaya, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada prasiklus persentase ketercapaian KKM 43,18% kemudian meningkat pada siklus I menjaadi 61,36% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 88,64% sedangkan nilai rata-rata kelas pada pra siklus nilai rata-rata siswa berada pada angka 60,68 dengan 19 siswa yang tuntas dari 44 siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,82 dengan 27 siswa yang tuntas dari 44 siswa, hasil ini belum mencapai kriteria minimal ketuntasan ≥75, sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Pada Siklus II nilai rata-rata kelas siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan ≥75% yaitu pada angka 83,52 dengan 29 siswa yang tuntas atau 88,64% dari 44 siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan poster. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media google meet sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan poster, sehingga layak untuk diterapkan di SMPN 52 Surabaya
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.