Pengaruh Media Sosial, E-Lifestyle dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif

  • Fikri Al Farasyi Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Heni Iswati Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
Keywords: pajak, pemeriksaan pajak, efektivitas pemeriksaan pajak

Abstract

Teknologi dan Informasi di Indonesia semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Penggunaan media internet pun semakin berkembang dan meningkat. Pertumbuhan tersebut di dukung oleh berkembangnya penggunaan perangkat mobile khususnya smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial, e-lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif layanan Go Food di area Jakarta. penelitian ini menilai dari sisi perilaku konsumtif dengan hadirnya media sosial, e-lifestyle dan budaya digital. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna Go Food di area Jakarta dengan teknik pengambilan sampel mengguanakan tabel Krejie yang berjumlah 270 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) Media sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif; (2) E-Lifestyle berpengaruh terhadap perilaku konsumtif; (3) Budaya digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan media sosial, e-lifestyle dan budaya digital memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif. Besar pengaruh ditunjukan dengan koefisien determinasi sebesar 0.865 ini menunjukan bahwa 86.5% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh media sosial, e-lifestyle dan budaya digital dan sisanya sebesar 13,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-20
Section
Articles