Pengaruh Media Sosial, E-Lifestyle dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif
Abstract
Teknologi dan Informasi di Indonesia semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Penggunaan media internet pun semakin berkembang dan meningkat. Pertumbuhan tersebut di dukung oleh berkembangnya penggunaan perangkat mobile khususnya smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial, e-lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif layanan Go Food di area Jakarta. penelitian ini menilai dari sisi perilaku konsumtif dengan hadirnya media sosial, e-lifestyle dan budaya digital. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna Go Food di area Jakarta dengan teknik pengambilan sampel mengguanakan tabel Krejie yang berjumlah 270 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) Media sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif; (2) E-Lifestyle berpengaruh terhadap perilaku konsumtif; (3) Budaya digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan media sosial, e-lifestyle dan budaya digital memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif. Besar pengaruh ditunjukan dengan koefisien determinasi sebesar 0.865 ini menunjukan bahwa 86.5% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh media sosial, e-lifestyle dan budaya digital dan sisanya sebesar 13,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.