Analisa Perilaku dalam Evaluasi Informasi dan Penyebaran Hoax di Media Sosial
Abstract
Pada zaman sekarang teknologi semakin berkemban, hal ini bisa dilihat dari teknologi informasi yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor dari teori perilaku terencana (TPB) dalam penyebaran berita hoaks. Variabel teori perilaku Terencana yang digunakan adalah sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku. Penelitian ini juga menggunakan model Faktor Technology Acceptance (TAM) dengan variabel perceived usefulness dan perceived ease of use.Variabel penyebaran berita hoaks diukur dengan viral mobile intention (VMI). Metode penelitian adalah kuantitatif menggunakan survei yang ditujukan kepada responden di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku tidak berpengaruh pada niat untuk menyebarkan hoaks yang diukur dengan viral mobile intention (VMI). Analisis faktor Mobile Viral Marketing (MVM) dalam penelitian ini diukur dengan viral mobile attitude (VMA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MVM berpengaruh pada niat untuk menyebarkan hoaks yang diukur dengan viral mobile intention (VMI)
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.