Analisa Perilaku dalam Evaluasi Informasi dan Penyebaran Hoax di Media Sosial

  • Kris Aditya Binus Business School, Binus University, Indonesia
  • Dewi Tamara Binus Business School, Binus University, Indonesia
Keywords: teori perilaku terencana, model penerimaan teknologi, pemasaran viral seluler

Abstract

Pada zaman sekarang teknologi semakin berkemban, hal ini bisa dilihat dari teknologi informasi yang semakin pesat. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor dari teori perilaku terencana (TPB) dalam penyebaran berita hoaks. Variabel teori perilaku Terencana yang digunakan adalah sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku. Penelitian ini juga menggunakan model Faktor Technology Acceptance (TAM) dengan variabel perceived usefulness dan perceived ease of use.Variabel penyebaran berita hoaks diukur dengan viral mobile intention (VMI). Metode penelitian adalah kuantitatif menggunakan survei yang ditujukan kepada responden di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku tidak berpengaruh pada niat untuk menyebarkan hoaks yang diukur dengan viral mobile intention (VMI). Analisis faktor Mobile Viral Marketing (MVM) dalam penelitian ini diukur dengan viral mobile attitude (VMA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MVM berpengaruh pada niat untuk menyebarkan hoaks yang diukur dengan viral mobile intention (VMI)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-20
Section
Articles