Efektivitas Pembelajaran Biologi Dengan Model TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan CD (Compact Disk) Pembelajaran

  • Ety Haryati Sekolah Tinggi Farmasi (STF) YPIB Cirebon
Keywords: Efektivitas, Teams Games Tournament, CD pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan CD dalam pembelajaran Biologi. Berdasarkan hasil pemantauan peneliti, masih banyak guru Biologi SMA di Kota Cirebon yang mengajar dengan metode ceramah atau metode D3CH (Duduk, Diam, Dengar, Catat dan Hafal). Paradigma lama ini menyebabkan hasil belajar rendah. Model pembelajaran TGT berbantuan CD mampu mengaktifkan imajinasi siswa, aktivitas pembelajaran lebih kompetitif sehingga pembelajaran lebih efektif.  Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test post-test control group design dan dianalisis secara statistik. Subyek penelitian adalah siswa SMAN 1 Cirebon dengan sampel siswa kelas XII IPA sebanyak tiga kelas dari tujuh kelas IPA. Sedangkan data tanggapan siswa dan guru serta aktivitas siswa dianalisa secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kelas Eksperimen  yaitu dengan model pembelajaran TGT berbantuan CD pembelajaran memperoleh peningkatan  hasil belajar mean N gain sebesar 0,833 sedangkan kelas dengan model TGT tanpa bantuan CD pembelajaran nilai mean N gain adalah 0,645 dan kelas Kontrol  model Konvensional nilai mean N gain 0,592. Jadi kelas Eksperimen (E2) dengan model pembelajaran TGT berbantuan CD pembelajaran peningkatan hasil belajarnya lebih tinggi dari pada kelas (E1) maupun kelas Kontrol (K). Tanggapan siswa maupun guru terhadap model pembelajaran TGT dan CD pembelajaran sangat positif, pernyataan setuju mencapai prosentase 12,5%-100% untuk aktivitas siswa selama pembelajaran terlaksana dengan baik dan kondusif sehingga pembelajaran lebih efektif mencapai tujuan dengan prosentase antara 67,5%-92%. Sedangkan tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan CD pembelajaran sangat merespon positif dengan prosentase antara 50%-80%. Sebaiknya guru lebih kreatif dan inovatif untuk memilih model pembelajaran yang dapat memotivasi  siswa dengan media pembelajaran yang memudahkan dan menyenangkan siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-24
Section
Articles