Penggunaan Aplikasi Whatsapp Groupping Terhadap Hasil Belajar Menulis Geguritan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 9H SMP 1 Karanggayam, Kebumen

  • Agus Budiono Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Karanggayam Kebumen Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Covid-19 merupakan tantangan yang besar untuk warga Indonesia, hal ini memperngaruhi berbagai macam aspek, selain aspek ekonomi banyak aspek juga yang dirugikan akibat Covid 19 aspk lainnya yaitu aspek Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menulis geguritan di masa pandemi pada Siswa kelas 9H SMPN 1 Karanggayam, Kebumen pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menggunakan aplikasi WhatsApp Grouping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan sampel siswa-siswi SMPN 1 Karanggayam. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pembelajaran daring. Hasil penelitian dalam penggunaan media WhatsApp menunjukkan bahwa hasil belajar menulis geguritan terhadap hasil nilai yang tidak 100% sebagian besar siswa memiliki nilai yang kurang atau dibawah KKM

Published
2021-11-20
How to Cite
BUDIONO, Agus. Penggunaan Aplikasi Whatsapp Groupping Terhadap Hasil Belajar Menulis Geguritan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 9H SMP 1 Karanggayam, Kebumen. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 11, p. 2270-2280, nov. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1542>. Date accessed: 01 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i11.1542.
Section
Articles