Penggunaan Aplikasi Whatsapp Groupping Terhadap Hasil Belajar Menulis Geguritan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 9H SMP 1 Karanggayam, Kebumen
Abstract
Covid-19 merupakan tantangan yang besar untuk warga Indonesia, hal ini memperngaruhi berbagai macam aspek, selain aspek ekonomi banyak aspek juga yang dirugikan akibat Covid 19 aspk lainnya yaitu aspek Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menulis geguritan di masa pandemi pada Siswa kelas 9H SMPN 1 Karanggayam, Kebumen pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menggunakan aplikasi WhatsApp Grouping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan sampel siswa-siswi SMPN 1 Karanggayam. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pembelajaran daring. Hasil penelitian dalam penggunaan media WhatsApp menunjukkan bahwa hasil belajar menulis geguritan terhadap hasil nilai yang tidak 100% sebagian besar siswa memiliki nilai yang kurang atau dibawah KKM
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.