Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Kuningan

  • Dicky Fauzi Firdaus Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
Keywords: Persepsi, kompetensi profesional, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kuningan mengenai pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui pengaruh persepsi siswa perihal kompetensi profesional guru kepada prestasi belajar siswa serta pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel berjumlah 71 siswa. Data persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial siswa diperoleh dari hasil penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,439 atau sebesar 43,9% dan sisanya sebesar 56,1% dipengaruhi oleh faktor lain, sedangkan persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Hal ini dibuktikan koefisien regresi sebesar 0,158 atau sebesar 15,8% dan sisanya sebesar 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-24
Section
Articles