Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Kuningan
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kuningan mengenai pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui pengaruh persepsi siswa perihal kompetensi profesional guru kepada prestasi belajar siswa serta pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel berjumlah 71 siswa. Data persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial siswa diperoleh dari hasil penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,439 atau sebesar 43,9% dan sisanya sebesar 56,1% dipengaruhi oleh faktor lain, sedangkan persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kuningan. Hal ini dibuktikan koefisien regresi sebesar 0,158 atau sebesar 15,8% dan sisanya sebesar 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.