Peningkatan Prestasi Belajar PPKn Materi Sistem dan Dinamika Demokrasi dengan Pembelajaran Metode Ceramah, Belajar Aktif dan Pembelajaran Autentik
Abstract
Permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran PPKn di XI.IIS-5 SMA Negeri 2 Babelan berdasarkan refleksi melalui observasi. Guru kurang memberikan konteks keseharian siswa. Inovasi pembelajaran serta media belum dimanfaatkan dengan baik. Data pendukung adalah hasil belajar 69% siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan Pembelajaran gabungan metode ceramah dan metode belajar aktif dengan metode Pembelajaran autentik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar Siswa Kelas XI.IIS-5 SMA Negeri 2 Babelan. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar PPKn setelah diterapkannya Gabungan metode ceramah dan metode belajar aktif dengan metode Pembelajaran autentik pada Siswa Kelas XI.IIS-5, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn setelah diterapkan Gabungan metode ceramah dan metode belajar aktif dengan metode Pembelajaran autentik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI.IIS-5. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62,86%), siklus II (77,14%), siklus III (94,29%). Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dan metode belajar aktif dengan metode Pembelajaran autentik dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI.IIS-5, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.