Analisis Bentuk Kohesi dan Koherensi Wacana Cerkak Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa SMP
Abstract
Kohesi dan koherensi merupakan salah satu elemen terpenting dalam wacana yang bertujuan agar informasi dapat dipahami dengan mudah dan utuh oleh pembaca. Namun, banyak pembaca yang tidak mengetahui bentuk kohesi dan koherensi dari wacana yang dibaca. Padahal, dengan mengetahui bentuk kohesi dan koherensinya, pembaca dapat mendapatkan informasi akurat dari wacana. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kohesi dan koherensi pada 5 cerkak dalam majalah berbahasa jawa yaitu Panjebar Semangat karya Suryadi Ws serta relevansi hasil kohesi dan koherensi wacana cerkak dalam majalah Panjebar Semangat sebagai materi pembelajaran bahasa jawa SMP kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data kumpulan cerkak karya Suryadi Ws dalam majalah Panjebar Semangat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kohesi gramatikal dan kohesi leksikal dalam cerkak tersebut, serta koherensi yang terdiri dari koherensi penjumlahan, pertuturan, perlawanan, lebih, sebab-akibat, waktu, syarat, cara, dan penjelasan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa cerkak tersebut sangat relevan untuk digunakan sebagai bahan ajar di SMP kelas VIII.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.