Peran Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediator Growth Mindset dan Parenting Style Terhadap Academic Grit Siswa SMP
Abstract
Pendidikan merupakan kunci dari berbagai aspek kehidupan, dengan hal ini peneliti melakukan penelitian tentang variabel mediator growth mindset dan parenting style. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi belajar sebagai variabel mediator growth mindset dan parenting style terhadap academic grit siswa SMP. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa-siswi di SMP Islamiyah Ciputat. Sampel penelitian ini berjumlah 267 siswa dan pengambilan sampel dilakukan secara non-probabality sampling dengan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan alat ukur academic grit yang dikembangkan oleh Clarck dan Malecky, growth mindset menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Blackwell, Trzesniewski, dan Dweck, parenting style menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Dunn, dan motivasi belajar menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Pintrich dan Groot. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik statistik structural equating modeling menggunakan AMOS dan untuk menguji validitas konstruk menggunakan LISREL 8.7. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik statistik structural equation modeling dan menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan growth mindset terhadap academic grit, tidak ada pengaruh yang signifikan pola asuh authoritative jika dibandingkan authoritarian sebagai kontrol terhadap academic grit, dan tidak ada pengaruh yang signifikan pola asuh permissive jika dibandingkan authoritarian sebagai kontrol terhadap academic grit. Hasil uji model struktural dengan motivasi belajar sebagai variabel mediator menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi pengaruh growth mindset dan parenting style terhadap academic grit. Saran untuk penelitian selanjutnya agar memperbanyak variabel psikologis lainnya agar memperoleh hasil yang lebih komprehensif terkait academic grit.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.