Strategi Kepala Sekolah PAUD dalam Membangun Citra Sekolah Menuju Sekolah PAUD Unggul pada Masa Pandemi Covid-19

  • Siti Asiyah Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah Pendidikan utama yang dibutuhkan sejak dilahirkan. Tujuan strategi kepala sekolah Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membangun citra sekolah menuju sekolah PAUD unggul adalah untuk mengetahui, menganalisa strategi dan peran kepala sekolah dalam pengelolaan serta pengawasan untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang diambil secara online dari google form yang berisi pernyataan-pernyataan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 129 kepala sekolah di Kota Subang yang terdiri dari 58 orang kepala sekolah dari Organisasi Profesi IGTKI dan 71 orang kepala sekolah dari Organisasi Profesi HIMPAUDI. Penulis menggunakan rumus Slovin dalam perhitungan sampel dengan tingkat kesalahan sebesar 5% dengan pengambilan sampel acak sederhana dan untuk menentukan kevalidan dari item kuesioner peneliti menggunakan program SPSS 23 for windows dengan ketentuan tanda (*) yang berarti significan 0,05, bila (**) yang berarti significan 0.01. Item dikatakan valid jika df = N-2. Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan skor rata-rata hasil pengolahan data, hasil penelitian secara umum tentang strategi kepala sekolah PAUD dalam membangun citra sekolah menuju sekolah PAUD unggul pada masa pandemi Covid 19 di Kota Subang mencapai angka 87,20 persen dari nilai ideal (100%), dalam penelitian ini angka tersebut masuk dalam kategori sangat baik.

Published
2021-10-18
How to Cite
ASIYAH, Siti. Strategi Kepala Sekolah PAUD dalam Membangun Citra Sekolah Menuju Sekolah PAUD Unggul pada Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 10, p. 2223-2242, oct. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1508>. Date accessed: 01 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i10.1508.
Section
Articles