Pengembangan Model Pendidikan Karakter di Lingkungan Madrasah Di Kepulauan Riau
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pendidikan madrasah mampu melahirkan anak- anak yang berakhlaq dan memiliki kesadaran yang tinggi. Era baru pendidikan yang diiringi oleh pesatnya perubahan sosial yang terjadi di masyarakat saat ini terkadang tidak siknifikan dengan keberhasilan dunia pendidikan dalam membangun manusia bermartabat muliya. Globalisasi yang telah melahirkan Revolusi Industri 4.0 (selanjutnya disingkat 4IR) yang sudah dirasakan sejak tahun 2011, merupakan bentuk implikasi perubahan secara fundamental, perubahan itu adalah : Internet of Data, Internet of People, revolusi industri 4.0 dunia dikejutkan lagi dengan konsep baru yaitu society 5.0 abat 21. Fokus keahlian bidang pendidikan abad 21 saat ini meliputi cretivity, critical thingking communicaion dan collaboration atau yang dikenal dengan 4 Cs. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki di abad 21 ini meliputi: leadership, digital literacy, communication, emotional. Hal ini berinflikasi terhadap menurunnya moralitas , sikap perilaku anak bangsa dalam berbagai asfek kehidupan. Hal ini telah mengakibatkan lemahnya pesan moral agama (akhlaq, adab dan nilai ketaatan lainnya ) yang tidak menyentuh bathin manusia yang paling dalam yaitu kesadarannya dalam melakukan perbuatan baik. Sebagai konsekuensinya, anak-anak madrasah dituntut memiliki unsur inovatif dan kreatif di dalam dirinya dengan kesadaran yang tinggi untuk menerapkan nilai-nilai moral agama yang dimilikinya. Dan ini merupakan tantangan baru bagi generasi muda di era transisi saat ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.