Pengembangan Model Pendidikan Karakter di Lingkungan Madrasah Di Kepulauan Riau

  • Muhammad Nasir Universitas Islam Negeri Sultan Thoha Saifuddin, Indonesia
  • Lias Hasibuan Universitas Islam Negeri Sultan Thoha Saifuddin, Indonesia
  • Kemas Imron Rosadi Universitas Islam Negeri Sultan Thoha Saifuddin, Indonesia
Keywords: pengembangan;, model pendidikan;, karakter;

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pendidikan madrasah mampu melahirkan anak- anak yang berakhlaq dan memiliki kesadaran yang tinggi. Era baru pendidikan yang diiringi oleh pesatnya perubahan sosial yang terjadi di masyarakat saat ini terkadang tidak siknifikan dengan keberhasilan dunia pendidikan dalam membangun manusia bermartabat muliya. Globalisasi yang telah melahirkan Revolusi Industri 4.0 (selanjutnya disingkat 4IR) yang sudah dirasakan sejak tahun 2011, merupakan bentuk implikasi perubahan secara fundamental, perubahan itu adalah : Internet of Data, Internet of People, revolusi industri 4.0 dunia dikejutkan lagi dengan konsep baru yaitu society 5.0 abat 21. Fokus keahlian bidang pendidikan abad 21 saat ini meliputi cretivity, critical thingking communicaion dan collaboration atau yang dikenal dengan 4 Cs. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki di abad 21 ini meliputi: leadership, digital literacy, communication, emotional. Hal ini berinflikasi terhadap menurunnya moralitas , sikap perilaku anak bangsa dalam berbagai asfek kehidupan. Hal ini telah mengakibatkan lemahnya pesan moral agama (akhlaq, adab dan nilai ketaatan lainnya ) yang tidak menyentuh bathin manusia yang paling dalam yaitu kesadarannya dalam melakukan perbuatan baik. Sebagai konsekuensinya, anak-anak madrasah dituntut memiliki unsur inovatif dan kreatif di dalam dirinya dengan kesadaran yang tinggi untuk menerapkan nilai-nilai moral agama yang dimilikinya. Dan ini merupakan tantangan baru bagi generasi muda di era transisi saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-20
Section
Articles