Konsep Pendidikan yang Di Terapkan Pendiri Pesantren Khoiru Ummah (Kyai Haji Syahroni Syafly Abdul Aziz)
Abstract
Berbicara tentang konsep, strategi, tujuan, dan sistem penerapan pendidikan memang tak ada hentinya. Ini menunjukkan betapa pentingnya ilmu melalui pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui salah satu konsep yang diterapkan oleh pendiri lembaga pondok pesantren modern Khoiru Ummah desa Waitila Kecamatan Seram utara timur seti. Beliau bernama KH. Syahroni Syafli Abdul Aziz dan untuk mengetahui keberhasilan pendidikan yang diterapkan oleh beliau. Selain dari tujuan tersebut adalah untuk mengetahui keberhasilan yang telah dicapai para alumni santri ponpes Khoiru Ummah Maluku tengah. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah bersumber dari Pendiri Pesantren Khoiru Ummah dan pengamatan langsung selama proses belajar mengajar di Pesantren Khoiru Ummah. Pengumpulkan data dan menganalis data, pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dengan para pendiri khoiru ummah, observasi dan studi kepustakaan terhadap sumber-sumber literasi terkait dengan penelitian yang ditemukan didalam penelitian ini bahwa Konsep Pendidikan yang diterapkan oleh KH. Syahroni Sayfli Abdul Azis adalah dengan memadukan konsep pendidikan umum, konsep pendidikan agama, dan skill santri. Konsep pendidikan three in one (tiga konsep dalam satu terapan) ini yang secara rinci melahirkan santri berpendidikan umum (ketaatan santri terhadap Negara), berpendidikan agama (taat kepada Tuhan dan berakhlak mulia), dan pembekalan skill (lebih mengarah pada bakat) untuk ketahanan dia hidup atau bekerja. Dari Penerapan konsep pendidikan terpadu inilah yang sangat melekat pada diri santri sehingga sesuai data membuktikan bahwa alumni Khoiru Ummah mampu bersaing dalam hal keagamaan, birokrasi, instansi pemerintah, aparatur sipil Negara, linimasi bisnis, seniman dengan tetap menjaga akhlak atau budi pekerti yang baik.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.