Pengaruh Disiplin dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dengan Work From Home (WFH) Sebagai Variabel Moderating pada Masa Pandemi Covid-19

  • Rycan Fahmi Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Edi Wibowo Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Aldi Muhamad Syukri Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh Pengaruh Disiplin Kerja, Pengaruh Kepuasan Kerja, Work From Home (WFH), terhadap Kinerja Pegawai pada PNS di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Seberapa jauh Pengaruh Work From Home (WFH) menguatkan/meningkatkan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada PNS Di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Serta bagaimana Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Work From Home (WFH) sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.0. Populasi penelitian ini adalah 151 PNS di Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta. Sampel yang diteliti adalah 120 PNS di Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta dengan menggunakan metode purpose sampling. Hasil Penelitian pada data convergent validity dalam variabel disiplin kerja faktor yang memiliki nilai tertinggi pada item pernyataan kuesioner yaitu faktor sering telatnya pegawai PNS di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 saat melakukan absensi dengan skor nilai 0,970. Variabel kepuasan kerja yang memiliki nilai tertinggi pada item pernyataan kuesioner yaitu faktor pegawai sering bosan terhadap pekerjaannya dengan skor nilai 0,966. Variabel kinerja pegawai yang memiliki nilai tertinggi pada item pernyataan kuesioner yaitu faktor hasil pekerjaan pegawai yang tidak pernah mengecewakan dengan skor nilai 0,976. Dan variabel Work From Home yang memiliki nilai tertinggi pada item pernyataan kuesioner yaitu faktor selama pandemi covid 19, bekerja secara WFH dapat membantu pegawai menghemat biaya kendaraan dengan skor nilai 0,961.

Published
2021-09-20
How to Cite
FAHMI, Rycan; WIBOWO, Edi; SYUKRI, Aldi Muhamad. Pengaruh Disiplin dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dengan Work From Home (WFH) Sebagai Variabel Moderating pada Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 9, p. 2215-2231, sep. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1493>. Date accessed: 25 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i9.1493.
Section
Articles