Pengembangan Model Pembelajaran Reciprocal Berbasis K3 Untuk Meningkatkan Kegiatan Praktek Siswa Pertanian Di SMK
Abstract
Praktikum intern teritergrasi pada mata pelajaran sedangkan praktikum ekstern di luar sekolah dilakukan dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Praktek Kerja Industri (Prakerin). Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan teori yang telah diterima dalam dunia nyata sehingga meningkatkan keterampilan siswa. Permasalahan yang juga ditemui pada Kegiatan praktek siswa jurusan ATPH di SMK Negeri 3 Paguyaman antara lain terkesan tidak bermakna dalam pembelajaran, adanya indikasi siswa tidak aktif dalam praktek mengakibatkan hasil belajar menurun. Di SMK terdapat program praktikum yang dilaksanakan oleh siswa di setiap jurusan, antara lain pada kelas Jurusan Perbengkelan, Jurusan Pertanian, Jurusan Tataboga dan Jurusan TIK. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Tahap-tahap penelitian dan pengembangan terdiri atas sepuluh tahap. Berdasarkan tahapan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall peneliti melakukan penyederhanaan dan pembatasan menjadi empat tahapan. Adapun produk yang akan dihasilkan dan diuji coba kelayakannya dalam penilitian ini adalah panduan praktikum K3 untuk siswa Jurusan ATPH di SMK Negeri 3 Paguyaman. Desain validasi penelitian dan pengembangan ini meliputi tahap penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil pengembangan dapat dilihat dari Pretest yang dilaksanakan pada analisis kebutuhan dengan penyebaran angket yang diisi oleh siswa. Hasil pengumpulan data pada kondisi awal kegiatan praktek siswa pertanian melalui angket menunjukkan 4%, hal ini berarti kegiatan praktek siswa kelas X jurusan pertanian pada materi budidaya jagung tergolong sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Pada proses, hasil angket yang diperoleh adalah 6,4 % yang berarti kegiatan praktek siswa naik sebanyak 2,4 %. Pada pelaksanaan postest, perolehan nilai rata-rata mencapai 8,5 % artinya model pembelajaran reciprocal berbasis K3 berhasil meningkatkan kegiatan praktek siswa ke hasil yang lebih baik.
Kata kunci: Bahan Ajar, Komik, Pembelajaran Tematik, Motivasi dan Hasil Belajar siswa SD.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.