Optimalisasi Program CSR dalam Menjaga Ketahanan Pangan Masa Pandemi melalui Sedekah Sayur Hidroponik

  • Alfian Abbasyah Harahap Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) Jawa Timur, Indonesia
  • Siti Fatonah Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) Jawa Timur, Indonesia
  • Aisyah Hadi Ramadani Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) Jawa Timur, Indonesia
Keywords: hidroponik, pandemi Covid-19, corporate social responsibility, ketahanan pangan, sedekah sayur

Abstract

Pandemi covid-19 telah berlangsung selama hampir 2 tahun yang diperkirakan akan menjadi krisis berkepanjangan yang berpotensi menimbulkan gagal pangan dan terjadi kelaparan yang meluas. Situasi ini dapat diselesaikan salah satunya dengan program ketahanan pangan. Perusahaan memiliki kewajiban social pada masyarakat di sekitar wilayah operasional dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). CSR diharapkan dapat berkontribusi dalam mengatasi krisis pangan masyarakat terdekat. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi program hidroponik yang dicanangkan oleh PT Pertamina (Persero) DPPU Adi Sumarmo di wilayah operasional perusahaan dan menganalisis kebutuhan optimalisasi peran CSR dalam memaksimalkan dampak kebermanfaatan program. Program ini dilaksanakan di desa Tanjungsari, Ngemplak Boyolali dengan masyarakat sasaran kelompok pengurus masjid Tanjungsari, ibu-ibu jama’ah, dan pemuda masjid. Metode penggalian informasi dengan cara participatory rural appraisal (PRA). Program berhasil meresmikan Rumah Hidroponik Masithoh sebagai kelompok binaan perusahaan dan telah aktif melaksanakan kegiatan rutin bulanan dari menyemai bibit hingga panen sayur. Jenis sayur yang berhasil dikembangkan oleh kelompok meliputi selada, bayam hijau, kangkung, pakcoy, selada merah dan sawi dengan rata-rata persentase hasil panen terbanyak sayur kangkung (29,9%). Kelompok Rumah Hidroponik Masithoh juga menjalankan inovasi sosial dalam bentuk “sedekah sayur†sebagai aksi solidaritas ketahanan pangan di tengah pandemic Covid-19. Optimalisasi peran CSR yang telah diterapkan oleh perusahaan dalam mendukung kelompok binaan antara lain sosialisasi, penyuluhan, pemberian bantuan modal dan fasilitas, pelatihan serta pendampingan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-20
Section
Articles