Analisis Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 untuk Akselerasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar

  • Rose Andriyani Saputri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Pandemi covid-19 menjadikan Indonesia mengalami berbagai krisis baik di sektor ekonomi maupun pendidikan. Sekolah yang selama ini melakukan pembelajaran secara konvensional harus berailih ke pembelajaran yang lebih modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah tersedia. Salah satu pelajaran yang dianggap cukup sulit untuk diterapkan dalam pembelajaran daring adalah mata pelajaran IPA. Pemerintah mencoba mencari solusi akibat pembelajaran daring yang berdampak pada kualitas pembelajaran di sekolah dasar, salah satunya dengan meluncurkan berbagai program yang mendukung pembelajaran daring melalui Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pelaksanaan pembelajaran daring pada pembelajaran IPA di sekolah dasar selama pandemi covid-19 dengan mengkaitkannya dengan program pemerintah saat ini yaitu Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner menggunakan metode CRI (Certainly of Response Index) pada guru sekolah dasar sebagai sampel penelitian yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan selama pembelajaran IPA secara daring masih banyak kekurang ditemukan, sehingga belum mampu mengakselerasi Merdeka Belajar secara maksimal. Hal ini menjadi alasan perlu adanya perbaikan yang dilkukan guru agar pembelajaran IPA yang dilakukan secara daring dapat berjalan dengan maksimal sehingga dapat mengakselerasi merdeka belajar.

Published
2021-09-20
How to Cite
SAPUTRI, Rose Andriyani. Analisis Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 untuk Akselerasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 9, p. 2205-2214, sep. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1482>. Date accessed: 25 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i9.1482.
Section
Articles