Analisis Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 untuk Akselerasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar
Abstract
Pandemi covid-19 menjadikan Indonesia mengalami berbagai krisis baik di sektor ekonomi maupun pendidikan. Sekolah yang selama ini melakukan pembelajaran secara konvensional harus berailih ke pembelajaran yang lebih modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah tersedia. Salah satu pelajaran yang dianggap cukup sulit untuk diterapkan dalam pembelajaran daring adalah mata pelajaran IPA. Pemerintah mencoba mencari solusi akibat pembelajaran daring yang berdampak pada kualitas pembelajaran di sekolah dasar, salah satunya dengan meluncurkan berbagai program yang mendukung pembelajaran daring melalui Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pelaksanaan pembelajaran daring pada pembelajaran IPA di sekolah dasar selama pandemi covid-19 dengan mengkaitkannya dengan program pemerintah saat ini yaitu Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner menggunakan metode CRI (Certainly of Response Index) pada guru sekolah dasar sebagai sampel penelitian yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan selama pembelajaran IPA secara daring masih banyak kekurang ditemukan, sehingga belum mampu mengakselerasi Merdeka Belajar secara maksimal. Hal ini menjadi alasan perlu adanya perbaikan yang dilkukan guru agar pembelajaran IPA yang dilakukan secara daring dapat berjalan dengan maksimal sehingga dapat mengakselerasi merdeka belajar.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.