Pengembangan Bahan Ajar Komik Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di SD
Abstract
Kenyataan yang sering ditemukan sekarang antara lain adalah sebagian besar Guru hanya sekedar menyajikan ilmu pengetahuan kepada siswa dan belum memperhatikan pemanfaatan media pembelajaran yang optimal. Kendati ada yang sudah menggunakan media pembelajaran tetapi belum optimal yang pada akhirnya berakibat pada siswa merasa bosan belajar dan tidak memiliki motivasi. Kenyataan ini yang dihadapi pada pembelajaran di Kelas I SDN 24 Paguyaman Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Berdasarkan hasil obeservasi awal yang dilakukan peneliti di Kelas I menunjukan bahwa di kelas tesebut sudah menggunakan gambar dalam menyajikan materi kepada siswa. Namun demikian gambar tersebut hanya menggunakan karton yang itu-itu saja sehingga peneliti memikirkan untuk mengembangkan gambar tersebut dalam bentuk bahan ajar buku komik. Berdasarkan hasil obeservasi awal yang dilakukan peneliti di Kelas I menunjukan bahwa di kelas tersebut sudah menggunakan gambar dalam menyajikan materi kepada siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan atau Research and Development. Menurut Sugiyono (2017), penelitian pengembanganadalah penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektivan atau kelayakan produk tersebut dalam memabntu peningkatan motivasi dan dan hasil belajar siswa kelas I di SDN 24 Paguyaman. Adapun produk yang akan dihasilkan dan diuji coba kelayakannya dalam penilitian ini adalah bahana ajar komik pembelajaran tematik untuk siswa kelas I SD. Desain penelitian pada penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Thiagarajan yang disingkat 4-D atau Define, Design, Development dan Dissemination (Sugiyono, 2016). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik telah meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa di Kelas I SDN 24 Paguyaman Kabupaten Boalemo Peningkatan hasil belajar siswapada Kompetensi Sikap Religoi (K1) dari 45% menjadi 83%. Peningkatan hasil belajar siswa pada Kompetensi Sikap Sosial dari 50% menjadi 75, Demikian pula peningkatan pada Kompetensi Pengetahuan (K3) dari 45% menjadi 41% dan Kompetensi Keterampilan dari 50% menajdi 91%.
Kata kunci: : Bahan Ajar, Komik, Pembelajaran Tematik, Motivasi dan Hasil Belajar siswa SD.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.