Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Fashion MerchЀ di Kalangan Followers Instagram Merche.Id
Abstract
MerchÑ merupakan sebuah merek lokal yang menawarkan produk fashion perempuan dengan segmentasi usia remaja dan dewasa muda. Guna menunjang pemasaran produk-produknya, MerchÑ memanfaatkan Instagram sebagai media untuk membangun awareness followers yang akhirnya di dorong untuk dapat melakukan pembelian pada produk MerchÑ. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian produk MerchÑ di kalangan followers Instagram merche.id. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya berjumlah 452.000 akun followers MerchÑ dengan sampel sebanyak 100 akun followers yang dipilih melalui simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh signifikan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk MerchÑ di kalangan followers Instagram merche.id. Nilai koefisien siginifikansinya sebesar 0,501 yang berarti pengaruhnya cukup signifikan. Brand awareness followers pada merek MerchÑ berkontribusi sebesar 50,1% terhadap keputusan pembelian produk MerchÑ dan sisanya 49,9% berasal dari faktor lain.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.