Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Fashion MerchЀ di Kalangan Followers Instagram Merche.Id

  • Aldila Salsha Nabila LSPR Communication and Business Institute Jakarta, Indonesia
  • Nelly Nailatie Ma’arif LSPR Communication and Business Institute Jakarta, Indonesia

Abstract

Merchѐ merupakan sebuah merek lokal yang menawarkan produk fashion perempuan dengan segmentasi usia remaja dan dewasa muda. Guna menunjang pemasaran produk-produknya, Merchѐ memanfaatkan Instagram sebagai media untuk membangun awareness followers yang akhirnya di dorong untuk dapat melakukan pembelian pada produk Merchѐ. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Merchѐ di kalangan followers Instagram merche.id. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya berjumlah 452.000 akun followers Merchѐ dengan sampel sebanyak 100 akun followers yang dipilih melalui simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh signifikan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Merchѐ di kalangan followers Instagram merche.id. Nilai koefisien siginifikansinya sebesar 0,501 yang berarti pengaruhnya cukup signifikan. Brand awareness followers pada merek Merchѐ berkontribusi sebesar 50,1% terhadap keputusan pembelian produk Merchѐ dan sisanya 49,9% berasal dari faktor lain.

Published
2021-09-20
How to Cite
NABILA, Aldila Salsha; MA’ARIF, Nelly Nailatie. Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Fashion MerchЀ di Kalangan Followers Instagram Merche.Id. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 9, p. 2007-2027, sep. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1458>. Date accessed: 25 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i9.1458.
Section
Articles