Analisis Penerapan Corporate Governance, Kualitas Audit dan Pengungkapan CSR Serta Ukuran Perusahaan terhadap Integritas Laporan Keuangan

  • Ranti Nugraheni Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia

Abstract

Informasi yang disajikan pada laporan keuangan (LK) diharapkan memiliki nilai integritas yang tinggi. Untuk menyajikan LK yang berintegritas dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari eksternal maupun internal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengawasan internal (komite audit) dan pengawasan external (kepemilikan institusional dan kualitas audit external), pengungkapan corporate social responsibility (CRS), ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan listed di BEI untuk sektor manufaktur selama 3 tahun dari tahun 2016 sampai dengan 2018 dengan metode purpose-based sampling dalam pengumpulan datanya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dan analisis data dilakukan dengan regresi berganda dengan SPSS 25 dalam pengolahan data. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kepemilikan institusional, kualitas audit, dan pengungkapan CSR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan ukuran perusahaan dan komite audit tidak berpengaruh signifikan pada integritas LK.

Published
2021-09-20
How to Cite
NUGRAHENI, Ranti. Analisis Penerapan Corporate Governance, Kualitas Audit dan Pengungkapan CSR Serta Ukuran Perusahaan terhadap Integritas Laporan Keuangan. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 9, p. 2179-2195, sep. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1434>. Date accessed: 25 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i9.1434.
Section
Articles