Pengaruh Variasi Arus pada Pengelasan Baja ST37 Menggunakan Las Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan Posisi Pengelasan 3F

  • Oktovalen Ferenza Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (POLMAN BABEL) Indonesia
  • Tuparjono Tuparjono Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (POLMAN BABEL) Indonesia
  • Sugiyarto Sugiyarto Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (POLMAN BABEL) Indonesia

Abstract

Pengelasan merupakan bagian yang sangat penting dalam pengembangan dan pertumbuhan industri karena memang memiliki peranan dalam rekayasa, reparasi dan konstruksi. Pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) adalah proses penyambungan dua buah material atau lebih yang terbungkus menggunakan elektroda sebagai energi panas untuk mencairkan material tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan cacat las yang timbul dengan variasi arus sehingga didapatkan hasil pengelasan yang optimal dari 3 amper yang diujiĀ  dengan menggunkan elektroda E6013 diameter 3,2 pada sambungan fillet posisi pengelasan 3F. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan bahan yang digunakan baja St 37 dengan variasi arus 90A, 100A, dan 110A. Dari penelitian yang dilakukan tidak didapatkan hasil pengelasan yang optimal dimana dari masing-masing amper yang diuji masih terjadi cacat las. Cacat yang ditimbulkan pada ketiga amper tersebut disebabkan busur, sudut elektroda, dan arc length yang melebihi batas normal dan juga dipengaruhi kecepatan pengelasan. Dari ketiga variasi amper yang digunakan didapatkan hasil pengelasan yang dominan tidak terjadi cacat las yaitu pada amper 90, sedangkan pada kaki las amper 100 menunjukan hasil kaki lasan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-19
How to Cite
FERENZA, Oktovalen; TUPARJONO, Tuparjono; SUGIYARTO, Sugiyarto. Pengaruh Variasi Arus pada Pengelasan Baja ST37 Menggunakan Las Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan Posisi Pengelasan 3F. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 8, p. 1967-1978, aug. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1432>. Date accessed: 16 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v6i8.1432.
Section
Articles