Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model STAD

  • Irda Putriasari SMAN 1 Singkep Singkep District, Lingga Regency Riau Islands Province

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model STAD pada Peserta Didik Kelas XII IPS 4 Semester Genap SMA Negeri 1 Singkep Tahun Pelajaran 2019 / 2020” merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya peningkatan nilai peserta didik dalam memahami Laporan Keuangan. Hal ini dilakukan karena banyaknya peserta didik yang mengangap akuntansi pelajaran yang sulit, sehingga pada beberapa materi akuntansi jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) masih rendah. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi peserta didik kelas XII IPS 4 Semester Genap SMA Negeri 1 Singkep dengan menggunakan model STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Singkep, Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga kelas XII IPS 4. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan yang alurnya sebagai berikut: membuat perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan dalam pembelajaran, mengadakan pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan, dan merefleksi pelaksanaan  tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan untuk siklus selanjutnya. Data penelitian berupa dokumentasi perencanaan, hasil observasi (pengamatan), dan hasil menulis. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen pununjangnya adalah RPP, Lembar observasi, dokumentasi, dan analisis hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar pada materi Laporan Keuangan, hal ini ditunjukkan adanya peningkatan yang mencapai KKM siklus I 52,17% meningkat menjadi 91,30% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-20
How to Cite
PUTRIASARI, Irda. Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model STAD. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 8, p. 1860-1873, aug. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1430>. Date accessed: 16 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1430.
Section
Articles