Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter pada Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita

  • Nur Karimah Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) Jawa Tengah, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) Jawa Tengah, Indonesia
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: keterampilan proses;, karakter;, ensiklopedia digital;

Abstract

Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter pada Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2021. Latar Belakang dari penelitian ini yaitu masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik yaitu mengenai aspek keterampilan proses belum terlaksana dengan baik serta karakter yang masih perlu pembenahan. Pembelajaran pada masa pandemi sekarang serba digital sehingga pembelajaran perlu dikembangkan bahan ajar digital yang menarik, maka dari itu dikembangkan ensiklopedia digital berbasis keterampilan proses dan karakter. Pengembangan penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan Ensiklopedia Digital, (2) Mengetahui Kelayakan Ensiklopedia Digital, (3) Mengetahui Kepraktisan Ensikopedia Digital di SD Negeri Kenteng, Kecamatan Purworejo kelas V Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian yang dilakukan yaitu Research & Development (R&D). Model ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu ADDIE. Desain uji coba yaitu uji coba terbatas di kelas V SD Negeri Kenteng. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data  menggunakan Percentage Aggreement. Hasil penelitian yaitu: (1) dihasilkan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karkater (2) hasil kelayakan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karkater dari tiga validator oleh dua dosen ahli dan guru SD memperoleh nilai secara keseluruhan 3,7 dengan kategori sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Uji reliabel diperoleh percentage agreement 93,25% dengan kategori sangat reliabel. (3) Respon peserta didik terhadap ensiklopedia digital pada uji coba lebih luas diperoleh persentase 91,1% dengan kategori sangat baik dan (4) keterlaksanaan persentase 98,46% dengan kategori sangat baik.  Oleh karena itu, Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-19
Section
Articles