Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar IPS pada Masa Covid -19 Di SMP Shidqia Islamic School Bekasi
Abstract
Pada saat ini, dunia sedang dihadapi dengan fenomena pandemic Covid-19. Dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid – 19, pemerintah mengambil kebijakan dengan Social Distancing termasuk kebijakan bidang pendidikan melalui penyelenggaraan belajar dari rumah physical distancing, study from home. penerapan metode zoom meeting dalam proses study from home dapat memberikan pembelajaran yang efektif seperti adanya umpan balik terkait, menggabungkan kolaborasi kegiatan belajar mandiri, serta personalisasi pembelajaran yang berdasarkan kebutuhan peserta didik menggunakan tanya jawab dengan berkomunikasi langsung dengan pendidik. Dengan tetap mengikuti aturan Social Distancing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penerapan media pembelajaran zoom meeting dalam proses study from home terhadap hasil belajar IPS kelas 8 di SMP Shidqia Islamic School. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media zoom meeting terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Shidqia Islamic School, besarnya presentase pengaruh variabel bebas (Zoom Meeting) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar IPS) yang disebut koefisien determinasi / R squeare (R2) yaitu sebesar 0,264, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh Media pembelajaran online zoom Meeting terhadap hasil belajar IPS adalah sebesar 26,4%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.