Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar IPS pada Masa Covid -19 Di SMP Shidqia Islamic School Bekasi

  • Desiana Andika Putri Universitas Panca Sakti Bekasi Jawa Barat, Indonesia
  • Irvia Eriza Universitas Panca Sakti Bekasi Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Pada saat ini, dunia sedang dihadapi dengan fenomena pandemic Covid-19. Dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid – 19, pemerintah mengambil kebijakan dengan Social Distancing termasuk kebijakan bidang pendidikan melalui penyelenggaraan belajar dari rumah physical distancing, study from home. penerapan metode zoom meeting dalam proses study from home dapat memberikan pembelajaran yang efektif seperti adanya umpan balik terkait, menggabungkan kolaborasi kegiatan belajar mandiri, serta personalisasi pembelajaran yang berdasarkan kebutuhan peserta didik menggunakan tanya jawab dengan berkomunikasi langsung dengan pendidik. Dengan tetap mengikuti aturan Social Distancing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penerapan media pembelajaran zoom meeting dalam proses study from home terhadap hasil belajar IPS kelas 8 di SMP Shidqia Islamic School. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media zoom meeting terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Shidqia Islamic School, besarnya presentase pengaruh variabel bebas (Zoom Meeting) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar IPS) yang disebut koefisien determinasi / R squeare (R2) yaitu sebesar 0,264, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh Media pembelajaran online zoom Meeting terhadap hasil belajar IPS adalah sebesar 26,4%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-19
How to Cite
PUTRI, Desiana Andika; ERIZA, Irvia. Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar IPS pada Masa Covid -19 Di SMP Shidqia Islamic School Bekasi. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 8, p. 1814-1823, aug. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1428>. Date accessed: 16 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v6i8.1428.
Section
Articles