Model Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) Di Masa Pandemi Covid 19

  • Harkinal Mikly Universitas Negeri Manado (UNIMA) Sulawesi Utara, Indonesia
  • Arie Frits Kawulur Universitas Negeri Manado (UNIMA) Sulawesi Utara, Indonesia
  • Allen Manongko Universitas Negeri Manado (UNIMA) Sulawesi Utara, Indonesia
  • Edwin Wantah Universitas Negeri Manado (UNIMA) Sulawesi Utara, Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan proses untuk meningkatkan, memperbaiki, mengubah pengetahuan, ketrampilan, sikap serta tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mencerdaskan kehidupan manusia melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan pelatihan. Penelitian ini untuk mengetahui Hasil Belajar Dengan Menggunakan model pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (eksperimen semu). Metode pengumpulan menggunakan Tes, Lembar Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh SMK Di Minahasa Selatan. Dengan mengambil 1 sekolah unggulan yang di jadikan sampel eksperimen. Dan 3 sekolah menengah sebagai kelas control, dan Sampel yang diambil dalam   penelitian   ini adalah   siswa   SMK   yang   dipilih   dari   SMK-SMK yang direkomendasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten.Minahasa Selatan dengan pertimbangan fasilitas pembelajaran kelas tertentu yang memadai untuk di jadikan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di masa pandemic covid-19, meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-19
How to Cite
MIKLY, Harkinal et al. Model Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) Di Masa Pandemi Covid 19. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 8, p. 1847-1859, aug. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1409>. Date accessed: 16 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v6i8.1409.
Section
Articles