Menyingkap Sisi Gelap Pendidikan sebagai Arena Reproduksi Kesenjangan Sosial Berdasarkan Perspektif Pierre Bourdieu

  • Ardyanto Allolayuk Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Pendidikan dipandang sebagai sarana mobilitas sosial bagi seluruh masyarakat, khususnya peserta didik dari kelompok sosial kelas bawah. Fungsi pendidikan sebagai sarana mobilitas sosial hanya dapat diwujudkan ketika institusi pendidikan formal membuka kesempatan yang sama bagi peserta didik, tanpa membedakan asal-usul sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkapkan sistem reproduksi kesenjangan sosial dalam pendidikan yang menjadi penyebab ketidakadilan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan menghasilkan kesimpulan akan pentingnya kerja sama yang sinergi antara peserta didik, guru, keluarga, pemerintah, dan masyarakat dalam dunia pendidikan. Pemerintah dan seluruh warga harus mengupayakan berbagai langkah yang dapat mengatasi hambatan yang sering dijumpai peserta didik kelas bawah. Berbagai usaha bersama diharapkan mampu semakin membuka kesempatan yang sama bagi semua peserta didik dalam “arena” pendidikan, sehingga pendidikan dapat sungguh menjadi sarana mobilitas sosial peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-20
How to Cite
ALLOLAYUK, Ardyanto. Menyingkap Sisi Gelap Pendidikan sebagai Arena Reproduksi Kesenjangan Sosial Berdasarkan Perspektif Pierre Bourdieu. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 8, p. 1802-1813, aug. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1407>. Date accessed: 16 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1407.
Section
Articles