Efektivitas Penggunaan Virtual Simulasi Dalam Pendidikan Keperawatan: Literature Review

  • Dadan Bardah Universitas Indonesia
  • Hanny Handiyani Universitas Indonesia
Keywords: Virtual simulation, nursing education

Abstract

Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku seseorang karena adanya interaksi antara individu dan lingkungan. Kegiatan belajar akan menjadi lebih efektif jika dilakukan dengan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu inovasi terbaru yang dinilai efektif dan efisien dalam metode pembelajaran adalah penggunaan virtual learning. Tujuan dari penulisan adalah untuk memberikan informasi tentang teknologi simulasi virtual sebagai suatu metode dalam melakukan pendidikan keperawatan baik di lingkungan pendidikan maupun rumah sakit dan pengaruhnya terhadap tingakat pengetahuan perawat maupun mahasiswa keperawatan. Metode yang digunakan dalam kajian literatur adalah meggunakan PRISMA, dengan pencarian artikel melalui Ebscoohost, Proquest, Sciendirect, dan Scopus. Penulis menggunakan kata kunci “virtual simulation in nuring†dalam pencaraian artikel dan didapat 15 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil kajian ditemukan bahwa penggunaan metode simulasi virtual dinilai efektif diterapkan dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai post-tes pada setiap kelompok yang menerima intervensi metode pembelajaran simulasi virtual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-23
Section
Articles