Analisa Kerusakan Cylinder Head pada Diesel Engine QSK 50 MCRS Di Bengkel Sungai Sembilan Nunukan
Abstract
Diesel Engine adalah motor bakar pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), yang bahan bakarnya disemprotkan ke dalam ruang silinder pada waktu piston berada di titik mati atas (TMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada kepala silinder, khususnya pada mesin QSK 50 MCRS, sehingga perawatan kepala silinder lebih baik, guna mengoptimalkan pengoperasian mesin dalam proses industri. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data guna mengetahui penyebab kerusakan kepala silinder pada mesin QSK 50 MCRS. Ada beberapa langkah yang dilakukan termasuk pembersihan, inspeksi visual, dan pengukuran dan analisis kerusakan pada kepala silinder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada erosi selama proses pembersihan komponen. Ada kerusakan pada setiap permukaan ruang pembakaran di kepala silinder. Karakteristik kerusakan menunjukkan bahwa telah terjadi erosi kavitasi pada permukaan ruang pembakaran. Erosi kavitasi terjadi pada permukaan ruang pembakaran karena gelembung udara yang meledak atau meledak selama stroke daya dari siklus empat stroke mesin. Erosi kavitasi ditandai dengan permukaan dengan lubang kecil. Analisis kepala 16 silinder QSK 50 MCRS menunjukkan bahwa semua kepala silinder masih dapat digunakan lagi, karena kepala silinder masih dalam cakupan standar yang ditetapkan dalam manual.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.