Analisa Kerusakan Cylinder Head pada Diesel Engine QSK 50 MCRS Di Bengkel Sungai Sembilan Nunukan

  • Ismail Ramli Politeknik Negeri Nunukan Kalimantan Utara, Indonesia
  • Al Amin Al Amin Politeknik Negeri Nunukan Kalimantan Utara, Indonesia
  • Muhammad Huzairi Politeknik Negeri Nunukan Kalimantan Utara, Indonesia
Keywords: kepala silinder, mesin, kerusakan

Abstract

Diesel Engine adalah motor bakar pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), yang bahan bakarnya disemprotkan ke dalam ruang silinder pada waktu piston berada di titik mati atas (TMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada kepala silinder, khususnya pada mesin QSK 50 MCRS, sehingga perawatan kepala silinder lebih baik, guna mengoptimalkan pengoperasian mesin dalam proses industri. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data guna mengetahui penyebab kerusakan kepala silinder pada mesin QSK 50 MCRS. Ada beberapa langkah yang dilakukan termasuk pembersihan, inspeksi visual, dan pengukuran dan analisis kerusakan pada kepala silinder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada erosi selama proses pembersihan komponen. Ada kerusakan pada setiap permukaan ruang pembakaran di kepala silinder. Karakteristik kerusakan menunjukkan bahwa telah terjadi erosi kavitasi pada permukaan ruang pembakaran. Erosi kavitasi terjadi pada permukaan ruang pembakaran karena gelembung udara yang meledak atau meledak selama stroke daya dari siklus empat stroke mesin. Erosi kavitasi ditandai dengan permukaan dengan lubang kecil. Analisis kepala 16 silinder QSK 50 MCRS menunjukkan bahwa semua kepala silinder masih dapat digunakan lagi, karena kepala silinder masih dalam cakupan standar yang ditetapkan dalam manual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-21
Section
Articles