Pengembangan Model Jerold Melalui Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V SD

  • Yanto Aminu Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pertumbuhan Model Jerold Kemp, Kartu Kalimat, Keterampilan Menulis Karangan, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SDN 06 Paguyaman Pantai dengan menggunakan model Jarold M. Kemp melalui kartu kalimat. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Jarold M. Kemp yang menggunakan kartu kalimat untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa, dan model pembelajaran Jarold M. Kemp menggunakan kartu kalimat untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada Siswa Kelas V SDN 06 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan  pendekatan  Penelitian Pengembangan  (Research and Development). Penelitian pengembangan (R&D) dapat diartikan sebagai penelitian yang bertujuan menemukan atau mengembangkan sebuah produk, serta menguji coba efektifitasnya. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, nilai klasikal siswa menggunakan model lama adalah 78,2 sedangkan setelah belajar menggunakan model Jerold Kemp Melalui kartu kalimat adalah 83.3. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model Jerold Kemp Melalui Kartu Kalimat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis karangan dibandingkan dengan model sebelumnya yang dipakai oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-24
Section
Articles