Pengembangan Model Jerold Melalui Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SDN 06 Paguyaman Pantai dengan menggunakan model Jarold M. Kemp melalui kartu kalimat. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Jarold M. Kemp yang menggunakan kartu kalimat untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa, dan model pembelajaran Jarold M. Kemp menggunakan kartu kalimat untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada Siswa Kelas V SDN 06 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan (R&D) dapat diartikan sebagai penelitian yang bertujuan menemukan atau mengembangkan sebuah produk, serta menguji coba efektifitasnya. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, nilai klasikal siswa menggunakan model lama adalah 78,2 sedangkan setelah belajar menggunakan model Jerold Kemp Melalui kartu kalimat adalah 83.3. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model Jerold Kemp Melalui Kartu Kalimat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis karangan dibandingkan dengan model sebelumnya yang dipakai oleh guru.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.