Pengembangan Alat Penilaian Anak Berperilaku Karakter Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Boalemo Provinsi Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat penilaian anak berperilaku karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Boalemo Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan milik Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah, yakni Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data,Deasin Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Produk Massal/Akhir. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Alat Penilaian Anak Berperilaku Karakter layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan praktisi pendidikan dengan persentase kelayakan sebesar 78,75% atau berkategori layak. Selain itu, tingkat keterbacaan alat penilaian perilaku siswa juga berkategori tinggi yakni sebesar 81,35%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi angket tersebut mudah dipahami oleh siswa sebagai responden; disamping itu, terdapat pula data tentang validitas tiap item alat penilaian perilaku yang menunjukkan bahwa item dalam penilaian perilaku siswa berkategori valid, sehingga alat penilaian yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.