Pengembangan Alat Penilaian Anak Berperilaku Karakter Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Boalemo Provinsi Gorontalo

  • Muzakir Husain Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Alat Penilaian, Karakter Siswa, Layak, Valid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat penilaian anak berperilaku karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Boalemo Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan milik Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah, yakni Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data,Deasin Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Produk Massal/Akhir. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Alat Penilaian Anak Berperilaku Karakter layak digunakan berdasarkan validasi ahli dan praktisi pendidikan dengan persentase kelayakan sebesar 78,75% atau berkategori layak. Selain itu, tingkat keterbacaan alat penilaian perilaku siswa juga berkategori tinggi yakni sebesar 81,35%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi  angket tersebut mudah dipahami oleh siswa sebagai responden; disamping itu, terdapat pula data tentang validitas tiap item alat penilaian perilaku yang menunjukkan bahwa item dalam penilaian perilaku siswa berkategori valid, sehingga alat penilaian yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-23
Section
Articles