Penerapan Media Whatsapp Group dan Linoit dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pengelolaan Kas

  • Sri Kartini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Singkep Riau, Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action Research) yang dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini terdiri atas kajian teoritis yaitu kajian literatur dari suatu studi eksperimen yang berupaya menerapkan strategi pembelajaran berbasis Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM) di era pandemic Covid-19. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini difokuskan pencatatan dana kas kecil yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik kelas XI Perbankan dalam pengelolaan kas dengan menggunakan kolaborasi penerapan WhatsApp group dan Linoit. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti melaksanakan pembelajaran, observasi dan hasil pembelajaran daring. Kemudian melaksanakan pembelajaran yang dirancang oleh peneliti sendiri dan bertanggung jawab penuh atas Penelitian Tindakan Kelas ini.  Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19, penerapan media WhatsApp dan Linoit dapat meningkatkan   hasil belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari nilai masing-masing individu. Rata-rata setiap siklus I adalah 64,95 dan meningkat menjadi 82,81 pada siklus II dan terdapat 19 siswa nilainya meningkat, 2 siswa dengan nilai tidak tuntas. Dari hasil tersebut diperoleh ketuntasan belajar 90,5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-21
How to Cite
KARTINI, Sri. Penerapan Media Whatsapp Group dan Linoit dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pengelolaan Kas. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 7, p. 1749-1767, july 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1316>. Date accessed: 27 july 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i7.1316.
Section
Articles