Penerapan Media Whatsapp Group dan Linoit dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pengelolaan Kas
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action Research) yang dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini terdiri atas kajian teoritis yaitu kajian literatur dari suatu studi eksperimen yang berupaya menerapkan strategi pembelajaran berbasis Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM) di era pandemic Covid-19. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini difokuskan pencatatan dana kas kecil yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik kelas XI Perbankan dalam pengelolaan kas dengan menggunakan kolaborasi penerapan WhatsApp group dan Linoit. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti melaksanakan pembelajaran, observasi dan hasil pembelajaran daring. Kemudian melaksanakan pembelajaran yang dirancang oleh peneliti sendiri dan bertanggung jawab penuh atas Penelitian Tindakan Kelas ini. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19, penerapan media WhatsApp dan Linoit dapat meningkatkan hasil belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari nilai masing-masing individu. Rata-rata setiap siklus I adalah 64,95 dan meningkat menjadi 82,81 pada siklus II dan terdapat 19 siswa nilainya meningkat, 2 siswa dengan nilai tidak tuntas. Dari hasil tersebut diperoleh ketuntasan belajar 90,5%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.