Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP yang Disederhanakan Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan kemampuan guru SMA Negeri 1 Bunyu dalam menyusum perangkat Pembelajaran, 2) peningkatan kemampuan guru di SMA Negeri 1 Bunyu dalam menyusun RPP yang disederhanakan atau yang sering disebut RPP satu lembar. (3.) Membuat program semester. (4.) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (5.) dan membuat program ulangan/evaluasi. Dari kelima dokumen tersebut di atas, RPP merupakan persiapan paling minimal untuk seorang guru ketika hendak mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif fenomenologik. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi serta wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes. Tes terdiri atas dua siklus, setidaknya ada empat langkah yaitu (1) Perencanaan pertemuan, (2) Observasi, (3) Pertemuan berikutnya, (4) Refleksi kolaborasi. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehingga menjadi lebih professional, meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran, dan pada akhirnya meningkatkan mutu sekolah.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.