Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP yang Disederhanakan Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan

  • Jasmin Jasmin SMA Negeri 1 Bunyu, Kalimantan Utara, Indonesia

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan kemampuan guru SMA Negeri 1 Bunyu dalam menyusum perangkat Pembelajaran, 2) peningkatan kemampuan guru di SMA Negeri 1 Bunyu dalam menyusun RPP yang disederhanakan atau yang sering disebut RPP satu lembar. (3.) Membuat program semester. (4.) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (5.) dan membuat program ulangan/evaluasi. Dari kelima dokumen tersebut di atas, RPP merupakan persiapan paling minimal untuk seorang guru ketika hendak mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif fenomenologik. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi serta wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes. Tes terdiri atas dua siklus, setidaknya ada empat langkah yaitu (1) Perencanaan pertemuan, (2) Observasi, (3) Pertemuan berikutnya, (4) Refleksi kolaborasi. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehingga menjadi lebih professional, meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran, dan pada akhirnya meningkatkan mutu sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19
How to Cite
JASMIN, Jasmin. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP yang Disederhanakan Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 7, p. 1665-1675, july 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1313>. Date accessed: 27 july 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i7.1313.
Section
Articles