Pengaruh Risiko Sebagai Penentu Minat Pembelian Pelanggan Shopee Di Jakarta

  • Peter Bramanto Universitas Tarumanagara (UNTAR) Jakarta, Indonesia
  • Rodhiah Rodhiah Universitas Tarumanagara (UNTAR) Jakarta, Indonesia
Keywords: risiko produk, risiko waktu, risiko sosial, minat pembelian

Abstract

Minat pembelian didasari oleh pengalaman penggunaan dan keinginannya pada suatu produk sebagai bentuk tingkah laku konsumen yang berkeinginan membeli produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh negatif risiko produk terhadap minat pembelian pelanggan Shopee di Jakarta. Pengaruh negatif risiko waktu terhadap minat pembelian pelanggan Shopee di Jakarta. Pengaruh negatif risiko sosial terhadap minat pembelian pelanggan Shopee di Jakarta. Populasi populasi adalah suatu wilayah yang di dalamnya terdiri dari karakteristik atau kualitas tertentu yang sudah ditetapkan oleh para peneliti agar bisa dipelajari. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Shopee di Jakarta. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Convenience sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui google-form. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), dengan menggunakan Smart PLS 3 sebagai alat untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ini adalah risiko produk dapat mempengaruhi minat pembelian secara negatif dan tidak signifikan, risiko waktu dapat mempengaruhi minat pembelian secara negatif dan signifikan demikian juga risiko sosial dapat mempengaruhi minat pembelian secara negatif dan signifikan pada pelanggan Shopee di Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19
Section
Articles