Pengaruh Risiko Sebagai Penentu Minat Pembelian Pelanggan Shopee Di Jakarta
Abstract
Minat pembelian didasari oleh pengalaman penggunaan dan keinginannya pada suatu produk sebagai bentuk tingkah laku konsumen yang berkeinginan membeli produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh negatif risiko produk terhadap minat pembelian pelanggan Shopee di Jakarta. Pengaruh negatif risiko waktu terhadap minat pembelian pelanggan Shopee di Jakarta. Pengaruh negatif risiko sosial terhadap minat pembelian pelanggan Shopee di Jakarta. Populasi populasi adalah suatu wilayah yang di dalamnya terdiri dari karakteristik atau kualitas tertentu yang sudah ditetapkan oleh para peneliti agar bisa dipelajari. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Shopee di Jakarta. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Convenience sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui google-form. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), dengan menggunakan Smart PLS 3 sebagai alat untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ini adalah risiko produk dapat mempengaruhi minat pembelian secara negatif dan tidak signifikan, risiko waktu dapat mempengaruhi minat pembelian secara negatif dan signifikan demikian juga risiko sosial dapat mempengaruhi minat pembelian secara negatif dan signifikan pada pelanggan Shopee di Jakarta.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.