Application of Inquiry-Based Learning Models to Improve Student Learning Outcomes
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Inquiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Singkep Tahun Pelajaran 2019/2020†merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya peningkatan nilai peserta didik dalam memahami Unsur Periode 3 dan Unsur Transisi Periode 4. Hal ini dilakukan karena banyaknya peserta didik bahwa masih banyak siswa di kelas tersebut yang belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 72. Pada Materi terkait dengan kimia pokok bahasan Unsur Periode 3 dan Unsur Transisi Periode 4, siswa yang mencapai KKM hanya 17 siswa (63%) dari 27 siswa (Sumber: Data Indeks Pencapaian Hasil Belajar Siswa). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Singkep, Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga kelas XII MIPA 3. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan yang alurnya sebagai berikut: membuat perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan dalam pembelajaran, mengadakan pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan, dan merefleksi pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan untuk siklus selanjutnya. Data (pengamatan), dan penelitian berupa dokumentasi perencanaan, hasil observasi hasil menulis. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen pununjangnya adalah RPP, Lembar observasi, dokumentasi, dan analisis hasil evaluasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar pada materi Unsur Periode 3 dan Unsur Transisi Periode 4, hal ini ditunjukkan adanya peningkatan yang mencapai KKM siklus I 62,96% meningkat menjadi 78,57% pada siklus II.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.