Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Penilaian Sikap melalui Penerapan Supervisi Akademik Model Kreatif
Abstract
Penilaian pembelajaran yang dibuat guru merupakan salah satu aspek yang dapat mengukur apakah tujuan dan proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah efektif mencapai tujuan pembelajaran. Penilaian pembelajaaran meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap belum dilaksanakan secara optimal oleh guru. Guru masih belum memahami bentuk dan teknik penilaian sikap.Guru memiliki banyak kendala dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap. Oleh karena itu, perlu adanya model supervisi akademik khususnya bimbingan dan pelatihan, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap secara komprehensif, dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMAS Laboratorium UPI Bandung dalam membuat penilaian sikap yang mengacu pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah mengunakan sistem spiral refleksi model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi. Strategi/metode kerja/teknik pembinaan yang digunakan dari siklus I sampai siklus II menerapkan model supervisi kreatif. Hasil pembinaan pada siklus I menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam membuat penilaian sikap yang mengacu pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 belum memuaskan. Oleh karena itu, aktivitas guru pada siklus I, perlu ditingkatkan dan harus diperbaiki pada siklus II. Siklus II, mengakhiri proses pembinaan pada guru melalui supervisi kreatif, dengan indikator aktivitas guru telah diatas 75.00%
Kata kunci: Kemampuan, Penilaian Sikap, Model Supervisi Kreatif
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.