Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik

  • R. Dudi Rudiatna Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cipatat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XII E 1 Paket Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 1 Katapang dengan menerapkan model pembelajaran project based learning.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XII E1 semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, tugas proyek dan dokumentasi. Metode pada analisis data ini dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Pembuatan dan perbaikan peralatan elektronika dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 71,69% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 83,88%. hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 74 dimana 14 siswa nilainya dinyatakan sudah tuntas. Sedangkan pada siklus kedua, rata-rata dari hasil belajar siswa adalah sebesar 86 dengan 30 siswa nilainya dinyatakan telah tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-24
Section
Articles