Strategi Peningkatan Kecerdasan Linguistik melalui Permainan Crossword Puzzle di Sd Negeri 2 Kertasari
Abstract
Kecerdasan linguistik merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan dasar yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan memahami teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh permainan crossword puzzle sebagai metode pembelajaran interaktif terhadap perkembangan kecerdasan linguistik siswa di SD Negeri 2 Kertasari. Kecerdasan linguistik merupakan salah satu kecerdasan yang penting bagi siswa dalam memahami bahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Metode crossword puzzle diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan linguistik siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest yang melibatkan 11 siswa kelas 4 SD sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji t untuk melihat signifikansi perbedaan antara nilai rata-rata sebelum dan sesudah intervensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata skor pretest sebesar 52,27 dan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 80. Uji t menunjukkan t stat sebesar -8,89776 dengan p-value yang sangat kecil (p < 0,00001), yang menunjukkan bahwa perbedaan antara pretest dan posttest adalah signifikan. Dengan derajat kebebasan 10, nilai t kritis pada tingkat signifikansi 0,05 (dua-tailed) adalah ±2,228. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (tidak ada pengaruh) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan crossword puzzle memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan kecerdasan linguistik siswa
Downloads
Copyright (c) 2024 Satrio Umar Gani, Ryan Dwi Puspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.