Pengaruh E-Sports Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Brand Loyalty Razer Inc.

  • Ferdy Gunardi Universitas Matana, Tangerang
Keywords: Kata kunci: e-sports, e-sports marketing, kepuasan pelanggan, brand loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan e-sports sebagai alat pemasaran serta kepuasan pelanggan yang sebagai variabel terhadap brand loyalty kepada merek Razer Inc. Pada masa dimana bermain video games bukanlah sesuatu yang dinilai sebagai suatu kegiatan yang nihil atau sia – sia industri video games semakin berkembang dengan munculnya sisi kompetitif secara profesional yang disebut sebagai e-sports. Munculnya berbagai macam kesempatan di dalam industri besar ini mendorong berbagai perusahaan yang berkaitan dengan video games berdiri dan berkembang, tidak hanya perusahaan baru namun banyak perusahaan besar lainnya melakukan berbagai macam investasi di dalam ranah e-sports. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah perusahaan gaming gear yaitu Razer Inc. Variabel independen dalam penelitian ini adalah e-sports marketing dan kepuasan pelanggan (x) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah brand loyalty (y). Berdasarkan penelitian yang didapatkan, ditemukan bahwa adanya pengaruh yang cukup signifikan pada variabel e-sports marketing dan kepuasan pelanggan terhadap brand loyalty dari merek Razer. Sisi yang perlu lebih dikembangkan adalah perluasan pengetahuan mengenai program Razer yang mendukung pemain profesional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-20
Section
Articles