Aktivitas Fanatisme K-POP Di Media Sosial (Analisis Tekstual Pada Akun Twitter @WINGSFORX1)

  • Rofifah Yumna Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur
  • Alifah Sabila Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur
  • Aisyah Fadhilah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur

Abstract

Menjadi bagian dari produk budaya terkenal, K-Pop bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat internasional sampai membuat budaya baru, yakni budaya penggemar K-Pop. Para K-Popers sering melakukan aktivitas di dunia maya. Internet merupakan media utama dalam merebaknya budaya pop Korea dengan menjadi penghubung antara seluruh penggemar yang asalnya dari beragam negara. Keunggulan dari internet sebagai media baru adalah interaktivitas. Hal ini dapat diartikan bahwa dengan internet semua orang dapat bertukar informasi tanpa ada pembatasan peran dalam penyampaian pesan dan penerima pesan. Hal yang sama pula di dalam Twitter, teks yang dibagikan dalam Twitter bisa dibagikan oleh siapa saja, tanpa ada pembatasan peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggambaran fanatisme dalam akun twitter salah satu fanbase One It yaitu @WingsForX1. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tekstual dengan metode deskriptif. Analisis dilakukan dengan cara memaknai teks-teks yang berupa tulisan maupun gambar pada akun twitter @WingsForX1 yang lantas hendak dihubungkan dengan data-data maupun teori yang berhubungan dengan fanatisme fans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa postingan dalam akun @WingsForX1 yang menggambarkan kefanatikan fans membahas tentang fan project. Seorang fans dikategorikan ‘fanatik’ jika mereka menunjukkan afeksi dan tindakan yang cukup ekstrim terhadap idolanya.

Kata Kunci: K-Pop, Fanatisme, One It, Twitter, Fandom, Fans

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-20
Section
Articles