Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Nikmatnya Shalat, Indahnya Hidup Melalui Pendekatan Kontekstual Kooperatif Team Assisted Individualization

  • Apriyani Apriyani

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih Nikmatnya Shalat Indahnya hidup  siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung melalui pembelajaran pendekatan kontekstual Kooperative Team  Assisted Individualization dan mengetahui seberapa besar kenaikan hasil belajar tersebut. Kooperatif Learning merupakan model pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok dan bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah.Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung pada pokok bahasan Nikmatnya Shalay Indahnya hidup. Penelitian tindakan ini dilaksanakan tiga siklus, dari hasil analisis diperoleh bahwa Pembelajaran  Melalui Pendekatan  Kontekstual Kooperatif  Team  Assisted Individualization  dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah  Negeri 1 Bandar Lampung pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dari 68,93  menjadi 74,20 pada siklus II atau meningkat 7,64%, pada siklus III 80,07 atau  meningkat 7,91%. Rata-rata ketuntasan kelas meningkat pada siklus I dari 66,67  menjadi 76,67 pada siklus II atau meningkat 15%, pada siklus III menjadi 93,33 atau  meningkat 21,74%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-24
Section
Articles