Fitur Ideal dalam E-Learning Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19

  • Rolita Adelia Prasetya Universitas Negeri Surabaya Jawa Timur, Indonesia
  • Nurul Ayu Andari Universitas Negeri Surabaya Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Yusril Marom Universitas Negeri Surabaya Jawa Timur, Indonesia
Keywords: fitur, ICT, pembelajaran dalam jaringan

Abstract

Upaya untuk mencegah penyebaran pandemi, perguruan tinggi di Indonesia mengalihkan sistem perkuliahan menjadi pembelajaran dalam jaringan. Banyak platform digital yang dapat mendukung dalam kegiatan belajar mengajar secara online, namun masih banyak ditemukan kendala. Kekurangan pada platform e-learning menjadi topik menarik untuk dibahas. Penelitian ini merancang fitur ideal yang membantu mahasiswa memudahkan pembelajaran secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan faktor penghambat jalannya proses perkuliahan daring bagi Mahasiswa UNESA dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi berbasis ICT (Information and Communication Technology). Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan teknik sampel nonprobabilitas. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif UNESA angkatan 2018 dan 2019 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan penelitian survei deskriptif berupa kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan fitur ideal yang memuat presensi online, video tutorial praktik, sumber literatur, pengunggahan tugas tanpa batas ukuran data, web meeting yang praktis, fitur diskusi/chat dan share, fitur diskusi/chat yang ramah untuk simbol matematika. Fitur-fitur inilah yang menjadi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran daring sehingga diperlukan pengembangan fitur e-learning khusus untuk menunjang proses kegiatan perkuliahan selama pandemi ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-20
Section
Articles