Optimasi Reversed-Phase Liquid Chromatography Residu Pestisida pada Variasi Laju Alir dan Kondisi Isokratik Menggunakan Spreadshee

  • Budi Yasri Akademi Metrologi dan Instrumentasi, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan Jawa Barat, Indonesia.
  • Harmoko Harmoko Akademi Metrologi dan Instrumentasi, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan Jawa Barat, Indonesia.
  • Amalia Rakhmawati Akademi Metrologi dan Instrumentasi, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan Jawa Barat, Indonesia.
Keywords: pestisida, RPLC, optimasi

Abstract

Metode multiresidu pestisida (MRM) menggunakan LC-MS/MS dan atau GC-MS/MS secara umum digunakan untuk analisis residu pestisida dalam karena banyaknya jumlah pestisida terdaftar dan diijinkan beredar di pasaran. Proses pemisahan analit dalam sistem reversed phased liquid chromatography (RP-LC) dipengaruhi oleh beberapa faktor dimana salah satunya adalah laju alir fase gerak. Optimasi dilakukan untuk mencari kondisi pemisahan pada elusi isokratik yang optimum dengan melakukan perubahan terhadap laju alir dan komposisi fase gerak organik. Pada penelitian ini dilakukan optimasi dengan bantuan Excel Spreadsheet terhadap 9 campuran senyawa residu pestisida dan hasil optimasi diuji terhadap pemisahan 120 campuran senyawa residu pestisida. Pemisahan optimal yang diperoleh dalam elusi isokratik yaitu pada laju alir (F) = 0,3 mL/menit dan komposisi fase gerak organik φ = 0,40. Namun, kondisi isokratik optimum yang diperoleh tersebut kurang cocok jika digunakan untuk pemisahan terhadap 120 campuran senyawa residu pestisida, karena banyak senyawa terelusi di awal dan pada waktu yang bersamaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-20
Section
Articles