PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP LOYALITAS GURU DI SEKOLAH KRISTEN IPEKA PURI JAKARTA BARAT

  • Eunike Lidianagustine Mulyatan Matana University, Tangerang
  • Anton PW Nomleni Matana University, Tangerang
Keywords: Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Loyalitas Guru

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini menjadi perhatian banyak pihak, baik pihak pemerintah maupun pihak swasta. Oleh karena itu kini bermunculan sekolah-sekolah yang didirikan baik oleh negara (sekolah negeri) maupun oleh swasta (sekolah nasional dan internasional). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap loyalitas guru di Sekolah Kristen IPEKA Puri Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dan penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah guru Sekolah Kristen IPEKA Puri Jakarta Barat yang berjumlah 102 guru Sekolah Kristen IPEKA Puri Jakarta Barat dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Non Parametric Kendall’s tau data diolah menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) IBM Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan  uji validitas r tabel valid  > 0,195 dan  uji reliabilitas reabel > 0,60 Dan kendall’s tau diperoleh nilai sebesar (asymp sig = 0,000) dengan nilai korelasi sebesar +0,370** dan nilai z hitung 5.510 > 1,96. Hal ini dapat disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan kerja terhadap loyalitas guru. Hasil perhitungan kendall’s tau, diperoleh dengan nilai sebesar (asymp sig = 0,000) dengan nilai korelasi sebesar +0,542** dan nilai z hitung 8,072 > 1,96. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepuasan kerja terhadap loyalitas guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-20
Section
Articles