ANALISIS KARAKTERISTIK FOLLOWERS DAN KONTEN IKLAN DALAM MENGUKUR EFEKTIVITAS INSTAGRAM STORIES ADVERTISEMENT PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH

  • Vira Juliaristanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan apakah terdapat pengaruh karakteristik followers dan konten iklan terhadap efektivitas instagram stories advertisement. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yakni Purposive Sampling dimana peneliti hanya mengambil sampel yang menjadi kriteria dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner online kepada 200 responden. Penelitian ini dilakukan pada akun media sosial instagram produk kosmetik wardah dengan id @wardahbeauty. Teori pemasaran digital merupakan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini, dimana menurut teori ini pemasaran digital akan memberikan peluang bagi para pemasar untuk mempromosikan barang atau jasa melalui konten iklan dengan layanan yang cepat dan interaksi pemasaran yang lebih interaktif, real time, dan efektif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis memperlihatkan variabel karakteristik followers berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas iklan dan variabel konten iklan berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas iklan. Adapun hasil pengukuran efektivitas iklan dengan menggunakan AISAS model berada pada rentang skala efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-21
How to Cite
JULIARISTANTI, Vira; RAMDAN, Asep Muhamad; JHOANSYAH, Dicky. ANALISIS KARAKTERISTIK FOLLOWERS DAN KONTEN IKLAN DALAM MENGUKUR EFEKTIVITAS INSTAGRAM STORIES ADVERTISEMENT PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH. Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 8`, p. 503-513, aug. 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <http://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/502>. Date accessed: 28 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i8`.502.
Section
Articles