Potensi Pemberian Cold Pressed Vco Secara Oral Dalam Mengakselerasi Penyembuhan Soket Alveolar Paska Pencabutan Gigi Pada Tikus Jantan Strain Wistar Secara Klinis

  • Samantha Samantha Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan
  • Elshendro Tandrya Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan
  • Ngo Viet Nhan Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan
  • Florenly Florenly Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan

Abstract

Pencabutan gigi dilakukan apabila tidak dapat dirawat untuk mengembalikan bentuk dan fungsinya. Setelah pencabutan gigi terbentuk pembekuan darah dalam soket gigi yang diikuti porses re-epitelisasi, granulasi dan pembentukan tulang. VCO mengandung asam laurat tinggi dan berpotensi sebagai antiinflamasi, antimikroba dan antioksidan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa potensi pemberian cold pressed VCO secara oral dalam mengakselerasi penyembuhan soket alveolar paska pencabutan gigi pada tikus jantan strain wistar secara klinis. Penelitian ini dilakukan pada 24 tikus jantan strain wistar yang dibagi menjadi 4 kelompok. Hasil uji statistik pada penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan penyembuhan luka paska pencabutan gigi antara kelompok perlakuan dengan cold pressed VCO secara oral dengan kelompok control pada skor re-epitelisasi, hemostatis dan inflamasi (P<0.05). Pemberian cold pressed VCO secara oral terbukti mempercepat proses penyembuhan luka paska pencabutan gigi pada tikus jantan strain wistar. Luka akibat pencabutan gigi pada kelompok tikus jantan strain wistar lebih cepat sembuh setelah pemberian cold pressed VCO secara oral selama 7 hari. Hal ini kemungkinan disebabkan terjadinya peningkatan jumlah sel fibroblast pada soket alveolar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-20
How to Cite
SAMANTHA, Samantha et al. Potensi Pemberian Cold Pressed Vco Secara Oral Dalam Mengakselerasi Penyembuhan Soket Alveolar Paska Pencabutan Gigi Pada Tikus Jantan Strain Wistar Secara Klinis. Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 7, p. 277-85, july 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <http://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/457>. Date accessed: 03 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i7.457.
Section
Articles