Pengaruh Edukasi Farmasi Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Peserta Prolanis Di Puskesmas Kaliwedi Kabupaten Cirebon

  • Indri Dwi Rahasasti Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) An Nasher, Cirebon
  • Neni Laeliyah Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) An Nasher, Cirebon

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit kronis yang harus membutuhkan waktu pengobatan yang cukup lama sehingga mempengaruhi kepatuhan minum obat. Ketidakpatuhan dengan program terapi merupakan masalah yang besar pada pasien hipertensi. Ketidakpatuhan pasien hipertensi dapat terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan pemahamannya mengenai tata cara pengobatan. Tujuan pemberian edukasi farmasis pada pasien hipertensi peserta Prolanis di Puskesmas Kaliwedi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan minum obat pasien hipertensi dalam menjalani pengobataanya sehingga tujuan dari terapi hipertensi dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan one group pre-test and post-test designe, pengambilan sampel menggunakan metode total sampling memperoleh responden sebanyak 50 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh edukasi farmasis terhadap pengetahuan dan kepatuhan minum obat  yang signifikan dari pasien hipertensi peserta Prolanis. Dari hasil uji wilcoxon diperoleh nilai p-value untuk variabel pengetahuan dan kepatuhan adalah 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan terdapat perbedaan nilai pengetahuan yang signifikan sebelum dan setelah edukasi farmasis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-20
How to Cite
RAHASASTI, Indri Dwi; LAELIYAH, Neni. Pengaruh Edukasi Farmasi Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Peserta Prolanis Di Puskesmas Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 7, p. 225-231, july 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <http://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/448>. Date accessed: 03 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i7.448.
Section
Articles