Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kualitas Guru Di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon

  • Azizah Indriyani Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS), Brebes
  • Muhammad Saefulloh Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes
  • Slamet Bambang Riono Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes

Abstract

Menyadari peran dan tugas berat yang diemban oleh guru, maka kinerja guru yang berkualitas sangat dibutuhkan. Fenomena di lapangan menunjukkan dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah faktor pendidikan sebagai sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan para guru dan faktor kesejahteraan sebagai sarana untuk memotivasi para guru dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini dilakukan guna mendapatkan gambaran realitas fenomena di lingkungan sekolah dasar negeri di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Bagaimana pengaruh faktor tingkat pendidikan (X1) yang meliputi pendidikan guru, perilaku, kemampuan dan keterampilan guru, dan tingkat kesejahteraan guru (X2) meliputi wujud finansial dan non finansial terhadap tingkat kualitas kinerja guru sekolah dasar (Y) meliputi kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Melalui pendekatan kuantitatif, dari hasil penelitian yang mengambil sampel guru sekolah dasar negri di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon menunjukkan bahwa, ternyata pengaruh faktor tingkat pendidikan guru dan tingkat kesejahteraan guru terhadap kualitas kinerja guru “besar”. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka sebagai rekomendasi dianggap perlu mengupayakan program pengembangan pendidikan guru terutama berkaitan dengan program studi lanjut lebih intensif dan berkesinambungan dengan memberikan berbagai kemudahan-kemudahan bagi guru yang akan melanjutkan pendidikannya. Sedangkan dalam konteks kesejahteran guru, ralitas masih banyaknya berbagai pembiayaan administratif yang dibebankan kepada para guru memerlukan perhatian khusus terutama berkaitan dengna upaya meminimalkan berbagai pungutan, potongan atau iuruan terhadap penghasilan / gaji guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-20
How to Cite
INDRIYANI, Azizah; SAEFULLOH, Muhammad; RIONO, Slamet Bambang. Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kualitas Guru Di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 7, p. 176-193, july 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <http://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/441>. Date accessed: 03 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i7.441.
Section
Articles